-->

Jenis dan Strategi Pemasaran serta Klasifikasi Posisi Persaingan Berdasarkan Perilaku Industri

February 07, 2023

Jenis dan Strategi Pemasaran serta Klasifikasi Posisi Persaingan Berdasarkan Perilaku Industri

 Definisi Pemasaran

Semua aktivitas pemasaran diarahkan untuk mengaruhi konsumen agar membeli barang atau jasa yang kita tawarkan. Keberhasilan seorang pemasar dalam memasarkan produk bergantung pada kualitas tempat, produk, harga dan promosi. Selain itu, juga ditentukan oleh unsur manusia yang berperan serta dalam proses pemasaran. 



Menurut Kolter dan Keller (2009), mengutip Asosisasi Pemasaran Amerika memberikan pengertian pemasaran sebaga suatu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para pemilik sahamnya. Adapun menurut David (2011), pemasaran dapat dideskripsikan sebagai proses pendefinisian, pengantisipasian, penciptaan, serta pemenuhan kebutuhan dan keingan konsumen akan produk dan jasa.

Secara umum strategi pemasaran dapat dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut :

a. Strategi Pemasaran yang Tidak Membedakan pasar (Undifferentiated Marketing)

Pada strategi ini perusahaan menganggap pasar sebagai suatu keseluruhan, sehingga perusahaan hanya memerhatikan kebutuhan konsumen secara umum. Perusahaan hanya menghasilkan dan memasarkan satu macam produk saja dan berusaha menarik semua pelanggan dan calon pelanggan dengan suatu rencana pemasaran saja. Strategi pemasaran ini bertujuan untuk melakukan penjualan secara massal, sehingga menurunkan biaya. Perusahaan memusatkan perhatian-nya pada seluruh konsumen dan kebutuhannya, serta merancang produk yang dapat menarik sebanyak mungkin para konsumen.

b. Strategi Pemasaran yang Mcmbedakan Pasar (Differentiated Marhcting) 

Pada strategi ini perusahaan atau produsen menghasilkan dan memasarkan produk yang berbeda-beda untuk tiap segmen pasar, sehingga dapat dikatakan perusahaan melayani kebutuhan beberapa kelompok konsumen tertentu dengan jenis tertentu pula. Strategi ini dilakukan oleh perusahaan dengan menawarkan berbagai variasi produk dan product mix, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen yang berbeda-beda. 

c. Strategi Pemasaran yang Terkonsentrasi (Concentrated Marketing) 

Pemasaran terkonsentrasi merujuk pada strategi perusahaan yang mengkhususkan pernasaran produknya dalam beberapa segmen pasar. Hal tersebut karena pertimbangan keterbatasan sumber daya perusahaan. Dalam menawarkan produknya perusahaan akan mernilih segmen pasar tertentu dengan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kelompok konsumen. Perusahaan akan memperoleh keuntungan karena spesialisasi dalam produksi, distribusi dan promosi. Dengan demikian, apabila perusahaan tepat memilih segmen pasar yang tepat maka usaha pemasaran produk dapat berhasil.

Adapun kelemahan strategi pemasaran ini, yaitu perusahaan akan mengahadapi risiko yang besar bila hanya tergantung pada satu atau beberaoa segmen pasar saja. Hal ini karena, kemungkinan terjadinya perubahan selera para konsumen, atau peningkatan kemampuan daya saing perusahaan lain.

Klasifikasi Posisi Persaingan Berdasarkan Perilaku Industri

Adapun klasifikasi posisi persaingan berdasarkan perilaku industri dapat diuraikan sebagai berikut.

a. Strategi Pemimpin Pasar

Perusahaan yang disebut pemimpin pasar (market leader) adalah perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar dalam pasar produk yang relevan. Keunggulan perusahaan ini umumnya mencakup perubahan harga, pengenalan produk baru, pencakupan saluran distribusi, dan intensitas promosi. Perusahaan ini menjadi titik pusat orientasi pasar pesaing, ia merupakan perusahaan yang ditantang, ditiru dan dijauhi.

Perusahaan yang dominan selalu ingin tetap nomor satu. Sikap ini mendorongnya untuk menemukan car mengembangkan jumlah permintaan dan berusaha meningkatkan pangsa pasarnya meskipun luas pasar tidak berubah.

b. Strategi Penantang Pasar

Perusahaan-perusahaan yang menduduki urutan kedua, ketiga atau lebih rendah lagi dalam suatu industri, biasa disebut “runner up” atau “penyusul (trailing team)”. Perusahaan jenis ini memilih salah satu dari dua penampilan. Mereka dapat menyerang market leader dan pesaing-pesaing lainnya dalam suatu usaha yang gencar merebut pangsa pasar. Perusahan inilah yang dinamakan penantang psar atau “market challenger”. Atau mereka yang memilih bersikap “menerima” tidak mengguncang pasar, dan disebut pengikut pasar (market followe)

c. Strategi Pasar

Tidak semua perusahaan nornor dua berniat menantang perusahaan pernimpin pasar . Usaha merebut konsumen milik para pcrnimpin pasar tidak pernah dianggap enteng oleh mereka Bagi perusahaan dengan klasifikasi ini lcbih memilih mengikuti perkembangan pasar dari produknya. 

d. Strategi Penggarap Relung Pasar

Dalam hampir setiap industri, selalu terdapat perusahaan-perusahaan kecil yang mengkhususkan diri pada sebagian dari pasar clan menghindari bentrok dengan perusahaan-perusahaan besar. Perusahaan- perusahaan kecil ini menempati “relung-relung” pasar yang mereka layani cenderung efektif melalui spesialisasi dan yang cenderung diabaikan perusahaan-perusahaan besar. Strategi yang ditempuh oleh perusahaan ini disebut penggarap relung pasar (market nicher). Menempati sebagian kecil dari keseluruhan pasar ini tidak hanya diminati oleh perusahaan-perusahaan yang lebih besar dan yang belum mampu di industri tertentu. Perusahaan-perusahaan jenis ini mencoba masuk ke satu atau lebih celah-celah pasar yang aman dan menguntungkan.


Comments

Post a Comment
Romahkuhijau

Semua Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya

Featured Post

Followers

Widget Atas Posting

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Postingan Populer

Sekilas Tentang LinkMagz, Template Blogspot dengan Rasa Wordpress

  Linkmagz adalah nama template terbaru buatan mas sugeng, saya langsung kagum dengan template ini setelah beberapa saat lihat demonya, dan tanpa pikir panjang lagi saya memutuskan untuk mencaba dan sekaligus menggunakanya.  Mulai dari SEO Fast Blogger, terus diganti sama Viomagz dan sekarang diganti lagi sama LinkMagz.  Kalau menurut beberapa ahli, katanya gonta ganti Template tidak bagus bagi SEO.  Tapi menurut saya yang masih awam, apa salahnya ganti template kalau hasilnya jauh lebih baik?  Maka dari itu, saya gak sungkan-sungkan buat ganti Template. Alasan Memilih Template LinkMagz Ada cukup banyak alasan untuk segera memutuskan memilih template ini untuk menggantikan template blog lama saya, ini mungkin sangat subjektif. 1. Suka sama personal Mas Sugeng Suka disini bukan seperti itu, saya masih cowok normal kok hahaha, maksud saya adalah saya kagum dengan mas sugeng dan bagaimana persona nya membangun blognya. saya mengikuti mas sugeng dan tulisan tulisanya sejak beliau masih di

2 Cara Membuat Sitemap (Daftar isi) Pada Blog

Pada Blogspot atau Blogger terdapat feed yang bisa digunakan sebagai sitemap ataupun daftar isi. Halaman peta situs atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan sitemap adalah sebuah halaman yang berisi peta atau jalur menuju semua artikel yang ada pada sebuah blog. Halaman peta situs atau sitemap berfungsi untuk mempermudah navigasi didalam blog. Dengan halaman peta situs diharapkan pengunjung tidak “tersesat” ketika mengunjungi blog kita karena sudah memegang “peta”.  Halaman peta situs juga berfungsi mempermudah mesin pencari saat mengindeks artikel yang ada pada suatu blog, jadi peta situs juga berfungsi mengarahkan crawler dari mesin pencari agar tidak “tersesat” pada blog kita.  ungsi peta situs mirip dengan daftar isi pada buku. Dengan peta situs diharapkan pengunjung dapat menemukan dan mengakses seluruh artikel yang ada pada blog. Cara membuat halaman peta situs pada blogger atau blogspot sebenarnya sangat mudah. Kita cukup membuat script yang menampilkan semua judul artikel

Evomagz (Green) Blogger Template V6.3

Ketika membuat sebuah blog yang professional memang harus memperhatikan sebuah tema atau template, agar pembaca atau pengunjung terasa nyaman pada saat membaca sebuah artikel yang sudah di publish pada blog yang telah dibuat. Untuk memilih template yang memiliki tampilan yang elegan, responsive, dan fast loading memang agak susah untuk dicari. Bahkan template premium pun ada yang loadingnya cukup berat, sehingga memakan waktu yang cukup lama pada saat membuka situs atau blog yang telah kita buat. Evomagz template blogger premium dari Mas Sugeng ini cukup legend dan terkenal hingga sekarang. Buat para blogger jaman old pasti sudah mengenal template premium yang satu ini, ini merupakan seri lama buatan mas sugeng yang masih mendapatkan update hingga tahun 2022.  Evomagz ini angkatan template Fastest magz yang dulunya sangat banyak dicari dan dipakai para blogger. Nah menariknnya Evomagz yang sudah rilis sejak dari tahun 2014 ini mendapatkan update terbaru pada tahun awal tahun 2022 yang