Google Analytics adalah sebuah layanan gratis dari Google untuk mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google.
Dengan menggunakan Google Analytics kita dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang mengarah pada situs web kita.Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan.Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google.
Google Webmaster Tool merupakan sebuah fitur yang dirancang oleh Google untuk mempermudah penggunaan sebuah situs di “area” mesin pencari. Dengan begitu, kalian akan lebih mudah memantau aktivitas situs kalian di dalam mesin pencari.
Manfaat Google Webmaster Tool
Manfaat dari Webmaster Tool yaitu dapat digunakan untuk melihat website yang didaftarkan di mesin pencari Google Index, Crawl, Search Traffik, dan lainnya. Berikut adalah manfaat yang diberikan dari Google Webmaster Tool :
1. Informasi Kinerja Situs
Bagaimana cara kita agar bisa melihat secepat apa loading dari situs yang kita miliki? Nah salah satu caranya adalah dengan menggunakan Google Lab’s dari Webmaster Tool. Dengan menggunakan Google Lab’s kalian akan ditunjukkan seberapa cepat situs ketika diakses dibandingkan dengan situs lainnya. Kamu bisa melihat dari grafik history kecepatan.
2. Konfigurasi Blog
Fungsinya adalah untuk mengatur target geografis blog sesuai dengan tujuan, URL parameter, perubahan alamat, pengaturan pengguna Google Webmaster Tool dan lainnya.
3. Informasi Aktivitas Situs, seperti berikut :
- Melihat URL aja saja yang sudah di index oleh Google
- Melihat link yang lebih banyak di klik oleh pengunjung
- Melihat grafik kesalahan Crawl, kesalahan server dan juga kesalahan URL
- Melihat kesalahan Crawl oleh Google, kesalahan server dan juga kesalahan URL.
Perbedaan Antara Google Webmaster dan Google Analytics
beberapa perbedaan dari segi fungsi dan fitur-fitur yang disediakan dari kedua alat yang bukan main manfaatnya bagi website anda.
1. Google Webmasters Tools
Di dalam Google Webmasters Tools terdapat banyak fitur yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa maintenance terhadap website Anda. Seperti: Bagaimana search engine melihat web Anda, Apakah upaya SEO anda sudah benar, Apakah website anda sudah aman dari malware, dan berbagai macam performa website, semisal dari sisi server. Beberapa fitur yang terdapat di dalam Google Webmaster di antaranya:
Crawling
Istilah crawl sendiri merupakan sebutan dari tingkah laku mesin pencari ketika membaca konten website anda. Jadi melalui fitur Crawling, anda dapat mengatur bagaimana Google melakukan crawl terhadap website anda. Di sini anda dapat memberikan informasi kepada Google mengenai halaman mana yang boleh/tidak boleh dimasukkan dalam daftar pencarian Google.
Links
Melalui fitur ini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai jumlah link internal dan eksternal yang anda pasang dan apakah di antaranya ada link-link broken yang harus segera diganti / diperbaiki.
Configuration
Configuration mampu memberi informasi penting seputar website Anda seperti sitemaps, target pengunjung, dan setting URL. Semuanya sangat erat kaitannya dengan upaya SEO anda.
Diagnostic problems
Webmaster Tools mampu mengirimkan pemberitahuan jika website Anda terindikasi oleh infeksi malware. Di sini, anda bisa mendapatkan informasi mengenai apa-apa saja yang perlu diperbaiki pada website Anda agar situs Anda tidak diblokir oleh Google. Selain itu, dia juga dapat menunjukkan kesalahan HTML seperti duplicate meta, long description meta, dan lain – lain.
2. Google Analytics
Google Analytic sama seperti Google Webmaster Tools. Sama – sama gratis. Namun jika menyangkut fungsi, dia benar-benar jauh berbeda. Google Analytic mampu memberikan informasi tentang kebiasaan dari pengunjung website Anda. Informasi ini berguna untuk menentukan langkah apa yang harus Anda ambil selanjutnya. Misalnya membuat rencana promosi, rancangan tampilan website anda, dlsb. Beberapa fitur Google Analytics di antaranya:
Visitors
Melalui menu Visitor, anda bisa mendapatkan informasi dengan lebih detail tentang berapa banyak pengunjung dalam sehari, jumlah pengunjung unique, jumlah pengunjung bounce (pengunjung yang datang lalu pergi), dlsb. Anda juga bisa mendapatkan data dari mana pengunjung yang datang ke website Anda.
Traffic
Anda bisa mengukur kata kunci apa saja yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Kemudian membuat strategi yang diperlukan. Misal jika membuat sebuah promo, dengan fitur ini kita bisa menganalisa seberapa efektif promo yang kita lakukan.
Habit
Di sini, anda bisa mengamati kebiasaan pengunjung website Anda. Misalnya ketika ada pengunjung yang masuk ke salah satu halaman website Anda, maka pengunjung tersebut akan membuka halaman apa lagi? Lalu pada hari atau jam – jam berapa traffic website Anda akan meningkat. Saya rasa, di sini anda sudah terbayang kegunaan apa saja yang dapat anda lakukan dengan fitur ini.
In-Page
Di sini, Anda dapat mengetahui berapa prosentase halaman dari website yang sering dibuka dan berapa prosentase link yang diklik. Hal ini sangat berguna dalam membuat content yang friendly agar pengunjung yang datang ke website anda bisa terarah sesuai yang diinginkan. FYI, saat ini sudah ada fitur live report di dalamnya. Jadi Anda bisa mengetahui pengunjung website Anda secara real time.
Comments