Pengertian Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007.
Sebelum mulai memasuki pembahasan Microsoft Excel, ada baiknya kita mengenal lebih dulu bagaimana tampilan Microsoft Excel itu, beserta beberapa istilah-istilah umum yang akan digunakan.
Dalam Microsoft Excel terdapat 4 komponen utama yaitu :
- Row Heading
Row Heading (Kepala garis), adalah penunjuk lokasi baris pada lembar kerja yang aktif. Row Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Jumlah baris yang disediakan oleh Microsoft Excel adalah 65.536 baris.
- Column Heading
Column Heading (Kepala kolom), adalah penunjuk lokasi kolom pada lembar kerja yang aktif. Sama halnya dengan Row Heading, Column Heading juga berfungsi sebagai salah satu bagian dari penunjuk sel (akan dibahas setelah ini). Kolom di simbol dengan abjad A – Z dan gabungannya. Setelah kolom Z, kita akan menjumpai kolom AA, AB s/d AZ lalu kolom BA, BB s/d BZ begitu seterus sampai kolom terakhir yaitu IV (berjumlah 256 kolom). Sungguh suatu lembar kerja yang sangat besar, bukan. (65.536 baris dengan 256 kolom).
- Cell Pointer
Cell Pointer (penunjuk sel), adalah penunjuk sel yang aktif. Sel adalah perpotongan antara kolom dengan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan baris. Contoh. Sel A1 berarti perpotongan antara kolom A dengan baris 1.
- Formula Bar
Formula Bar, adalah tempat kita untuk mengetikkan rumus-rumus yang akan kita gunakan nantinya. Dalam Microsoft Excel pengetikkan rumus harus diawali dengan tanda ‘=’ . Misalnya kita ingin menjumlahkan nilai yang terdapat pada sel A1 dengan B1, maka pada formula bar dapat diketikkan =A1+B1 .
- Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1.000.000 baris dan16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1.000.000 responden dan 16.000 jawaban atau pertanyaan.
- Mempunyai format yang paling popoler dan flexible, karena sebagian besar software data entry memiliki fasilitas konversi ( diubah ) ke format Excel atau format lain yang bisa dibaca Excel. Jika dibutuhkan, kita bisa mengkonversi balik dari Excel ke Software Statistik lainnya
- Microsoft Excel memiliki program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk berbagai kebutuhan.
- Memiliki Fasilitas Pivot Tables yaitu kita bisa bekerja lebih efektif karena semua table summary yang kita rencanakan bisa dibuat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk, maka otomatis pivot tables akan me-refresh table berdasarkan data yang masuk dan table akan ter-update sendiri.
- Fungsi utama program pengolah angka adalah mengolah data berupa angka-angka menjadi sebuah laporan atau kelompok data yang kemudian digunakan sebagai bahan atau sumber informasi bagi perusahaan dan pihak-pihak berkepentingan yang lain.
- Sebagai alat untuk merancang rumus suatu kumpulan data angka-angka yang memerlukan perhitungan secara khusus dengan mengunakan fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam aplikasi pengolah angka.
- Sebagai aplikasi untuk mengolah data angka menjadi sebuah program sederhana dalam membuat laporan keuangan, misalnya program akuntansi sederhana.
- Sebagai pengolah data berupa angka dan melaporkannya dalam sebuah grafik. Pada umumnya program pengolah angka bisa membuat laporan dalam bentuk grafik dengan fasilitas grafik yang disediakan oleh beberapa program pengolah angka.
- Dapat menyajikan data angka-angka dalam bentuk table-tabel yang mempermudah pengguna dalam meringkas dan menjelaskan sesuatu dengan menggunakan computer.
- Pada umumnya program pengolah angka mempunyai fasilitas untuk mengurutkan data.
- Masih banyak lagi fungsi paket program pengolah angka yang bisa dijabarkan.
Microsoft Excel secara fundamental menggunakan spreadsheet untuk manajemen data serta melakukan fungsi-fungsi Excel yang lebih dikenal dengan formula Excel. Excel merupakan program spreadsheet elektronik. Spreadsheet adalah kumpulan dari Sel yang terdiri atas baris dan kolom tempat anda memasukkan angka pada Microsoft Excel. Jumlah Sel Microsoft Excel 2016 terdiri dari 1.048.576 Baris dan 16.384 Kolom atau 17.179.869.184 Sel.

Sebagai program pengolah angka terpopuler, Microsoft Excel mempunyai banyak kelebihan dan beberapa kekurangan untuk penggunaan tertentu.
Kelebihan Microsoft Excel
- User interface yang mudah untuk dipahami.
- Kompatibilitas dengan berbagai platform/sistem operasi.
- Mudah dipelajari untuk pengguna pemula.
- Tersedia lisensi dalam versi grosir.
- Mempunyai ekstensi (.xls) terpopuler untuk software spreadsheet.
- Dapat membaca ekstensi standar spreadsheet (.csv).
- Fitur pivot untuk mempermudah manajemen data.
- Spreadsheet yang besar, dapat digunakan sebagai alternatif SQL untuk penggunaan sederhana.
- Resource RAM dan memory kecil dibanding program sejenis.
- Digunakan oleh berbagai industri, instansi dan pekerjaan.
- Mendukung Visual Basic
- Menyediakan fitur Research Pane untuk mempermudah mencari referensi analisis data dengan Microsoft Excel menurut para ahli terkait topik yang diteliti.
Kekurangan Microsoft Excel
- Akses fungsi tertentu seperti fungsi statistik terbatas.
- Jumlah sel terbatas.
- Add-ins untuk disiplin ilmu tertentu seperti neural network, fuzzy logic tidak powerfull dibandingkan software sejenis contoh: MATLAB dan SAS .
Fungsi Microsoft Excel
Microsoft Excel digunakan di berbagai bidang pekerjaan, baik usaha kecil maupun perusahaan berskala internasional. Adapun beberapa fungsi dan kegunaan Microsoft Excel adalah sebagai berikut
- Membuat, mengedit, mengurutkan, menganalisis, meringkas, dan memformat data serta grafik.
- Membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan.
- Menghitung dan mengelola investasi, pinjaman, penjualan, inventaris, dll.
- Melakukan analisis dan riset harga.
- Melakukan perhitungan statistika.
- Membantu berbagai sektor bisnis untuk mempermudah melakukan laporan keuangan.
- Membuat daftar nilai sekolah maupun universitas.
- Konversi mata uang.
- Membuat grafik persamaan matematika.
- Membuat program Excel dengan Visual Basic.
- Melakukan penelitian dengan berbagai metode penelitian.
- Sarana pembelajaran komputer dan logika.
- Dan lain-lain.
Fungsi Workbook pada Excel dan Bagian-Bagiannya
Pada gambar di bawah menampilkan jendela workbook pada Excel dan pengertian masing-masing komponen disediakan dalam daftar.

- Title Bar - Menampilkan nama workbook yang sedang aktif atau dibuka. Secara default nama workbook pada Microsoft Excel adalah "Book1".
- Quick Access Toolbar - Berfungsi untuk menampilkan perintah yang sering digunakan pada Microsoft Excel anda dapat mengurangi atau menambah perintah yang ditampilkan pada Quick Access Toolbar.
- Kontrol Jendela - Berfungsi untuk mengatur tampilan jendela Microsoft Excel, yaitu; maximize, minimize, dan menutup jendela Microsoft Excel.
- Menu Bar - Merupakan kumpulan perintah-perintah pada microsoft Excel. Setiap menu bar terdiri dari ribbon. Ribbon adalah tempat perintah-perintah atau grup perintah yang sebagian besar dilengkapi dengan ikon perintah atau command button. Masing-masing command button mempunyai fungsi-fungsi tertentu.
- Name Box atau Kotak Nama - berfungsi untuk menampilkan index atau nama sel yang sedang aktif.
- Formula Bar - berfungsi untuk memberikan formula pada sel yang sedang aktif. Anda juga dapat mendefinisikan nilai numerik maupun teks pada formula bar.
- Column atau Kolom - berfungsi untuk menampilkan nama kolom yang diidentifikasi dengan huruf A-XFD. Anda dapat menggunakan CTRL + → untuk menuju kolom terakhir Microsoft Excel 2016.
- Row atau Baris - Berfungsi untuk menampilkan index baris pada Microsoft Excel yang diidentifikasi dengan angka 1-1048576. Anda dapat menggunakan CTRL + ↓ untuk menuju baris terakhir Microsoft Excel 2016.
- Sel Aktif - Sel yang aktif berarti sel yang diarahkan pada pointer komputer dan index sel akan ditampilkan pada Name Box.
- Tab Worksheet - Berfungsi untuk menambah atau mengurangi worksheet serta memilih worksheet yang akan digunakan pada lembar kerja.
- Lembar Kerja Excel - Adalah semua sel yang ditampilkan pada Workbook.
- Horizontal Scroll Bar - berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke kanan atau ke kiri.
- Vertical Scroll Bar - Berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah.
- Page View - Berfungsi untuk mengubah tampilan lembar kerja dan memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja.
- Status Bar - Berfungsi untuk menampilkan keterangan terkait proses yang terjadi serta rekomendasi perintah yang akan dilakukan pengguna.
Comments