-->

Manfaatkan Algoritma Media Sosial bagi Pemasar Digital

September 26, 2022

Manfaatkan Algoritma Media Sosial bagi Pemasar Digital

Algoritma sendiri merupakan urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah. Dalam media sosial, algoritma tersebut mengatur arus informasi yang beredar di dalam sistemnya. Tiap platform media sosial tentunya memiliki cara masing-masing untuk mengatur bagaimana algoritmanya bekerja.






Algoritma media sosial merupakan suatu aturan matematika yang menentukan bagaimana pengguna akan melihat konten-konten di akun media sosial mereka.

Algoritma media sosial akan mengurutkan postingan-postingan berdasarkan feed dari relevansi konten yang diterbitkan untuk para pengguna tertentu yang sudah dipastikan oleh perilaku pengguna.

Dampak dari algoritma ini bisa positif dan negatif. Acapkali algoritma dirancang dengan sasaran meningkatkan kesadaran atau minat pada isu tertentu, dan pengguna tiba-tiba menyaksikan banyak suguhan posting terkait nutrisi, diet, atau film asing, bahkan politik.

Dampak negatif algoritma adalah mampu mempengaruhi opini dan minat pengguna media sosial karena lewat machine learning atau mesin pembelajaran, mereka hanya berhadapan dengan unggahan yang sesuai dengan like atau rasa suka pengguna, dan memperkuat kecenderungan sebuah opini tanpa dibarengi dengan informasi yang berimbang.

Algoritma sendiri adalah sebuah social media analytics untuk developer menganalisis konsumen mereka, yaitu kita sebagai pengguna. Tentu mereka akan membantu menganalisis perkembangan konten brand Anda di media sosial dengan sistem analisis default yang tersedia dalam aplikasi. Dengan mempelajari bagaimana aplikasi menyajikan hasil analisis dasar yang biasa tersedia dalam akun brand  Anda, Anda dapat mengetahui konten seperti apa yang populer pada platform tersebut.

Karenanya, keberadaan algoritma media sosial dapat dipelajari, sehingga Anda tahu apa saja keuntungan dari keberadaan algoritma ini untuk brand Anda. Tentu kita ingin konten pemasaran dapat menjangkau sejauh mungkin dan sebanyak mungkin audiens yang sesuai kriteria Anda.

Berikut merupakan beberapa cara agar Anda dapat memahami bagaimana algoritma media sosial bekerja sesuai dengan keinginan Anda.

1. Menarik Keterlibatan

Keterlibatan adalah salah satu metrik yang penting sebagai alat ukur kesuksesan di media sosial. Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada audiens, membalas komentar, berikan nilai, membagikan konten dan mendorong mereka agar menyimpan konten Anda.

Pada bagian ini, sangat penting untuk memicu emosi positif dari audiens Anda sehingga mereka akan termotivasi untuk terlibat melalui konten-konten Anda.

2. Tag dan Terlibat dengan Akun Lain

Anda bisa menggunakan pengaruh dari akun lain, baik itu akun besar atau kecil untuk membuat audiens memperhatikan konten Anda. Anda dapat menandai brand lain di pos yang relevan atau meninggalkan komentar berharga di akun merek lain. Semakin banyak balasan yang Anda dapatkan, semakin banyak pula pengguna baru dan potensial yang akan mengikuti Anda.

3. Hashtag

Hashtag atau tagar merupakan sebuah parameter penting media sosial yang masih jarang disadari atau digunakan oleh banyak orang. Namun, hal penting yang perlu Anda ingat adalah penggunaan hashtag yang relevan dengan konten Anda.

Anda tidak perlu menggunakan hashtag sampai melebihi batas, akan tetapi hastag yang Anda gunakan harus pas.

4. Waktu dan Frekuensi Posting

Sebagian besar pengguna media sosial lebih aktif menggunakannya dalam kurun waktu-waktu tertentu setiap harinya. Anda dapat menggunakan kesempatan ini dengan memposting saat pengguna sedang aktif di platform media sosial tertentu.

Meskipun membuat konten setiap hari melelahkan, namun metode memposting satu hari sekali lebih disukai oleh para pengguna.

5. Video Adalah Raja

Umumnya, rentang perhatian para pengguna media sosial lebih rendah dibandingkan dengan pengguna yang gemar membaca artikel berita atau menonton film. Oleh karena itu, konten gerak akan berfungsi secara optimal untuk menarik perhatian para pengguna media sosial karena lebih mudah untuk diserap.

Namun, hal tersebut bukan berarti Anda hanya boleh memposting video saja. Pengguna media sosial ingin melihat adanya variasi konten, akan tetapi konten berupa video akan menangkap mereka untuk bertahan melihat konten dalam waktu yang lebih lama.

6. Promosi Penuh Perhatian

Audiens tidak ingin dibombardir dengan penawaran, penjualan, dan diskon secara terus-menerus. Meskipun, hal ini bisa menjadi produk ganda dari keterlibatan mereka dengan Anda, namun seharusnya hal ini tidak menjadi satu-satunya tujuan.

Sajikan tautan penting dengan cara yang bijaksana yaitu dengan memasukkannya ke dalam teks atau tautan di bio profil Anda.

7. Bereksperimen dengan Konten

Tidak ada yang melakukannya dengan benar dan sempurna untuk pertama kalinya. Algoritma media sosial pun terus berkembang. Namun, melakukan eksperimen dengan beriklan di media sosial, strategi konten yang berbeda namun tepat, dan memperhatikan format konten merupakan cara terbaik untuk menemukan langkah Anda.

8. Lacak Kinerja

Algoritma mengandalkan data untuk menyediakan konten yang relevan kepada para penggunanya. Mereka juga memberi Anda akses ke data ini dalam bentuk wawasan. Melalui wawasan, Anda dapat melacak kinerja konten Anda dan memahami apa yang terbaik untuk audiens Anda.

Mengenal Algoritma Media Sosial Instagram

Setiap kali seseorang membuka aplikasi media sosial Instagram, maka algoritmanya langsung sigap menyisir seluruh konten yang tersedia, dan memutuskan:

  • Postingan yang berada di bagian teratas IG Feed dan urutannya.
  • Postingan yang ditampilkan di tab Explore.
  • Urutan IG Story, IG Live, IG Reels, dan video IGTV yang muncul, baik di Feed atau tab masing-masing, dan lain sebagainya.

Algoritma Instagram merupakan sebuah teknologi atau parameter yang bisa menentukan konten mana saja yang banyak dilihat oleh orang, setiap kali pengguna Instagram tersebut membuka Feed mereka.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memahami kinerja algoritma Instagram agar konten campaign bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens lagi.

Setiap platform maupun search engine mempunyai algoritma yang berbeda-beda satu sama lain, termasuk juga Instagram. Algoritma Instagram dibuat menggunakan kecerdasan buatan (AI), sehingga cara menampilkan konten Anda pun akan terus berkembang.

Apabila Anda mempelajari parameter algoritma Instagram, maka hal ini akan sangat berguna untuk meningkat kinerja campaign media sosial yang Anda lakukan. Karena tujuan dari diselenggarakannya sebuah campaign adalah agar Anda bisa terhubung dengan lebih banyak audiens.

Cara Kerja Algoritma Instagram 

Feed setiap pengguna di Instagram sudah diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan algoritma yang telah dibuat oleh Instagram, termasuk pula akun Instagram Business Anda.

Lalu, apa saja yang mempengaruhi cara kerja algoritma Instagram? Ada tiga kriteria yang akan perlu Anda ketahui. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

1. Hubungan (Relationship)

Instagram memiliki tujuan untuk membuat orang-orang dapat menghabiskan waktu lebih banyak di aplikasi mereka. Oleh karena itu, salah satu algoritmanya akan menonjolkan postingan dari akun-akun yang sudah saling terhubung atau sering berinteraksi dengan Anda.

Jadi, tampilan Feed Anda pun ketika pertama kali membuka Instagram, akan memunculkan postingan dari akun-akun yang terakhir kali berinteraksi dengan Anda, baik interaksi dalam bentuk saling memberi likescommentdirect messagesmention, maupun tagging.

2. Ketertarikan (Interest)

Apabila pengguna telah menikmati beberapa postingan sebelumnya, algoritma Instagram akan memilih untuk menunjukkan tema yang sama kepada pengguna tersebut ketika kembali mengunjungi Instagram.

Misalnya, Anda sering memberikan likescomment atau melakukan search (pencarian) pada gambar maupun video tentang bintang peliharaan. Maka, ketika Anda membuka Feed kembali, postingan dengan tema yang sama tersebut akan kembali muncul di beranda akun Anda.

3. Ketepatan Waktu (Timeliness)

Postingan yang lebih baru cenderung mendapat kesempatan lebih besar untuk tampil di Feed pengguna, dan aturan ini masih berlaku dalam penerapan algoritma Instagram saat ini.

Namun, untuk tetap bertahan di Feed utama para pengguna, Anda harus memiliki konten yang relevan dengan minat mereka. Itulah sebabnya, selain harus bisa memilih waktu postingan yang tepat, Anda juga perlu mengunggah konten yang diminati oleh audiens Anda agar mereka bisa bertahan lama.

Penutup

Itulah sedikit gambaran sederhana tentang bagaimana algoritma Instagram bekerja dan cara yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan kinerja akun Instagram Business Anda.

Mengoptimalkan penggunaan akun Instagram secara tepat akan sangat membantu Anda untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan target audiens dan tujuan bisnis milik Anda.

Comments

Post a Comment
Romahkuhijau

Semua Masalah Pasti Ada Jalan Keluarnya

Featured Post

Followers

Widget Atas Posting

Widget HTML Produk

Widget HTML Jasa

Postingan Populer

Sekilas Tentang LinkMagz, Template Blogspot dengan Rasa Wordpress

  Linkmagz adalah nama template terbaru buatan mas sugeng, saya langsung kagum dengan template ini setelah beberapa saat lihat demonya, dan tanpa pikir panjang lagi saya memutuskan untuk mencaba dan sekaligus menggunakanya.  Mulai dari SEO Fast Blogger, terus diganti sama Viomagz dan sekarang diganti lagi sama LinkMagz.  Kalau menurut beberapa ahli, katanya gonta ganti Template tidak bagus bagi SEO.  Tapi menurut saya yang masih awam, apa salahnya ganti template kalau hasilnya jauh lebih baik?  Maka dari itu, saya gak sungkan-sungkan buat ganti Template. Alasan Memilih Template LinkMagz Ada cukup banyak alasan untuk segera memutuskan memilih template ini untuk menggantikan template blog lama saya, ini mungkin sangat subjektif. 1. Suka sama personal Mas Sugeng Suka disini bukan seperti itu, saya masih cowok normal kok hahaha, maksud saya adalah saya kagum dengan mas sugeng dan bagaimana persona nya membangun blognya. saya mengikuti mas sugeng dan tulisan tulisanya sejak beliau masih di

2 Cara Membuat Sitemap (Daftar isi) Pada Blog

Pada Blogspot atau Blogger terdapat feed yang bisa digunakan sebagai sitemap ataupun daftar isi. Halaman peta situs atau yang dalam bahasa inggris disebut dengan sitemap adalah sebuah halaman yang berisi peta atau jalur menuju semua artikel yang ada pada sebuah blog. Halaman peta situs atau sitemap berfungsi untuk mempermudah navigasi didalam blog. Dengan halaman peta situs diharapkan pengunjung tidak “tersesat” ketika mengunjungi blog kita karena sudah memegang “peta”.  Halaman peta situs juga berfungsi mempermudah mesin pencari saat mengindeks artikel yang ada pada suatu blog, jadi peta situs juga berfungsi mengarahkan crawler dari mesin pencari agar tidak “tersesat” pada blog kita.  ungsi peta situs mirip dengan daftar isi pada buku. Dengan peta situs diharapkan pengunjung dapat menemukan dan mengakses seluruh artikel yang ada pada blog. Cara membuat halaman peta situs pada blogger atau blogspot sebenarnya sangat mudah. Kita cukup membuat script yang menampilkan semua judul artikel

Evomagz (Green) Blogger Template V6.3

Ketika membuat sebuah blog yang professional memang harus memperhatikan sebuah tema atau template, agar pembaca atau pengunjung terasa nyaman pada saat membaca sebuah artikel yang sudah di publish pada blog yang telah dibuat. Untuk memilih template yang memiliki tampilan yang elegan, responsive, dan fast loading memang agak susah untuk dicari. Bahkan template premium pun ada yang loadingnya cukup berat, sehingga memakan waktu yang cukup lama pada saat membuka situs atau blog yang telah kita buat. Evomagz template blogger premium dari Mas Sugeng ini cukup legend dan terkenal hingga sekarang. Buat para blogger jaman old pasti sudah mengenal template premium yang satu ini, ini merupakan seri lama buatan mas sugeng yang masih mendapatkan update hingga tahun 2022.  Evomagz ini angkatan template Fastest magz yang dulunya sangat banyak dicari dan dipakai para blogger. Nah menariknnya Evomagz yang sudah rilis sejak dari tahun 2014 ini mendapatkan update terbaru pada tahun awal tahun 2022 yang